Selasa, 13 September 2016



Manfaat Kedelai Unruk Kesehatan
 Susu kacang kedelai atau lebih akrab disapa susu kedelai, merupakan minuman yang terbuat dari kacang kedelai, disebut susu lantaran ia memiliki warna putih kekuningan mirip dengan susu sapi. Akan tetapi, menurut para ahli susu kedelai sebetulnya bukan termasuk jenis susu, karena susu pada dasarnya merupakan minuman yang berasal dari kelenjar susu pada mamalia dan manusia, bukannya dari tumbuhan.

Meskipun bukan termasuk susu, tapi susu kacang kedelai memiliki komposisi nutrisi yang hampir sama dengan susu sapi pada umumnya. Kandungan susu kedelai cukup lengkap antara lain 3,5 % protein, 2 % lemak, dan 2,9 % karbohidrat. Karena berasal dari tanaman, secara alami susu kacang kedelai bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Inilah yang mendorong sebagian masyarakat mengonsumsi susu kedelai saat diet.

 



Kandungan Nutrisi Susu Kedelai Selengkapnya


Menurut penelitian menunjukan bahwa perempuan yang mengonsumsi susu kedelai setiap harinya memiliki resiko osteoporosis 56 % lebih rendah dari pada perempuan yang tak meminumnya.

Selain itu, susu kedelai berkhasiat untuk meringankan gejala menopause, seperti sensasi hot flashes dan keringat di malam hari. Bahkan menariknya lagi, kedelai dapat membantu fungsi kognitif wanita yang berusia di bawah 65 tahun.

Sedangkan manfaat susu kedelai untuk jantung hingga sekarang masih diteliti oleh para ahli. Khasiat susu kedelai yang luar biasa tersebut tak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Adapun kandungan susu kedelai antara lain:
 
- Susu kedelai mengandung protein yang hampir sama dengan susu sapi, tetapi dengan kalori yang lebih rendah.
 
- Vitamin D dalam susu kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Sebab vitamin ini membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

- Vitamin B12 dapat membantu mencegah munculnya anemia. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh kita.

- Susu kedelai mengandung seng dan zinc yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh (imun).

- Kedelai mengandung senyawa lemak omega 3 cukup tinggi, dimana ia sangat baik untuk mengurangi kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida), sehingga dapat mengurangi resiko jantung koroner dan serangan jantung.

- Kalsium dan magnesium dalam kacang kedelai dipercaya mampu mengobati sakit kepala, mengatur kadar gula darah, meninggikan badan, dan mengurangi gejala pra-menstruasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar