Kamis, 08 September 2016



Manfaat dari Kandungan Gizi Buah Labu


Labu merupakan salah satu sayuran yang banyak ditanam dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin untuk kesehatan. Labu memiliki kandungan rendah kalori serta diperkaya dengan kandungan vitamin A, flavonoid poli-fenolik antioksidan seperti leutin, xanthin, dan karoten. Labu termasuk dalam tumbuhan yang cepat tumbuh dan masuk dalam jenis keluarga Cucurbitaceae. Labu adalah salah satu tanaman yang paling populer dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Labu sangat bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warna. Umumnya ukuran labu adalah 4-6 kg dan mampu mencapai berat terbesar yaitu 25 kg. Pada umumnya berwarna orange atau kuning beberapa varietas menunjukkan warna hijau gelap, coklat dan abu-abu. Warnanya sangat dipengaruhi oleh pigmen kuning-oranye pada kulitnya.

Manfaat Labu

Manfaat labu untuk kesehatan yaitu untuk menstabilkan gula darah dengan menjaga pola makan karena kandungan labu merupakan jenis kalori yang rendah gula, meskipun demikian tetap memberikan manfaat untuk tubuh anda dengan memberikan sumber energi. Kandungan magnesium yang terdapat pada labu membuat anda lebih tenang karena mampu membuat rileks saraf, selain itu biji labu mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan terutama anemia yang sering terjadi pada wanita. Bagi anda yang ingin melancarkan pencernaan konsumsi labu untuk menjaga pencernaan terutama usus manusia. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan sediakan labu dalam menu makanan anda sehari-hari. Anda dapat membuatnya secara bervariasi dari mulai sayur labu atau cemilan yang berbahan dasar labu.

Kandungan Gizi Labu

Labu adalah salah satu sayuran yang  sangat rendah kalori. 100 buah g hanya menyediakan 26 kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, namun kaya serat makanan, anti-oksidan, mineral, vitamin. Labu adalah salah satu sayuran yang direkomendasikan oleh para ahli medis untuk mengurangi kolestrol dan penurunan berat badan.Labu merupakan sayuran yang memiliki banyak vitamin anti-oksidan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Labu dalam 100 gram mengandung vitamin A tertinggi dari keluarga sayuran Cucurbitaceae yang mengandung sekitar 246% dari RDA. Vitamin A adalah anti-oksidan alami yang kuat dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit dan membran lendir. Ini juga merupakan vitamin penting untuk penglihatan visual yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar