Kamis, 08 September 2016



Manfaat Buah dan Daun Seri untuk Kesehatan

Apakah Anda tahu buah kersen atau buah seri atau biasa disebut sebagai buah talok? Buah bundar dengan ukuran yang kecil ini sering kita jumpai sebagai pohon yang menghiasi halaman rumah. Daunnya yang rimbun membuat siapapun akan betah berlama-lama dibawahnya menikmati kesejukan udara.
Terkadang kita kerap mengambil buahnya yang telah berwarna merah dan mencicipi rasanya yang manis. Tapi, tahukah Anda mandaat daun dan buah seri tersebut? Buah seri memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Artikel kali ini akan membahas mengenai serba-serbi manfaat dari buah seri.
Apakah Anda tahu buah kersen atau buah seri atau biasa disebut sebagai buah talok? Buah bundar dengan ukuran yang kecil ini sering kita jumpai sebagai pohon yang menghiasi halaman rumah. Daunnya yang rimbun membuat siapapun akan betah berlama-lama dibawahnya menikmati kesejukan udara.
Terkadang kita kerap mengambil buahnya yang telah berwarna merah dan mencicipi rasanya yang manis. Tapi, tahukah Anda manfaat buah seri tersebut? Buah seri memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Artikel kali ini akan membahas mengenai serba-serbi manfaat dari buah seri.

Manfaat Daun dan Buah Seri untuk Kesehatan


Siapa yang menyangka buah dengan ukuran yang kecil ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah kecil dengan warna hijau ketika masih muda akan berubah menjadi warna merah yang lebih terang ketika telah masak memiliki rasa yang cukup manis.
Pohonnya yang beranting banyak memiliki daun yang cukup rimbun, tak jarang anak-anak kerap memanjat pohon ini hanya untuk mengambil buahnya untuk dimakan atau dijadikan sebagai bahan peluru senjata mainan. Pohon seri ini mampu tumbuh dimana saja karena termasuk ke dalam jenis tanaman liar. Akan tetapi, Anda tidak bisa menyepelekan manfaat dari buah seri tersebut.
Adapun beberapa manfaat buah seri untuk kehidupan antara lain adalah:

1. Antibakteri

Siapa yang menyangka jika buah kecil manis ini memiliki khasiat berupa antibakteri. Bahkan kandungan antibakteri pada buah seri memiliki jumlah yang sebanding dengan antibakteri standar yang digunakan pada dunia medis. Hal tersebut karena para peneliti telah menemukan sejumlah senyawa antibakteri yang cukup kuat pada buah seri.

2. Antioksidan

Buah seri juga memiliki antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu mengikat radikal bebas pada tubuh dan mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker.

3. Mengobati dari asam urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian sendi pada tubuh manusia. Tidak hanya mereka yang telah berusia lanjut yang bisa terserang penyakit ini, bagi Anda yang berusia muda juga bisa terserang penyakit asam urat. Pengobatan alternativenya adalah dengan memakan buah seri secara rutin untuk menghilangkan nyeri akibat asam urat tersebut.

4. Anti kanker

Pada pohon seri telah ditemukan sebuah senyawa yang bernyawa flavonoid sitotoksik yang mampu mencegah terjadinya kanker. Hal tersebut terdapat pada bagian akar dari pohon buah seri.
Selain buah seri, bagian pohon seri lainnya yang memiliki manfaat yang tidak terkira adalah daun buah seri. Manfaat daun dan buah seri juga tidak kalah banyak dibandingkan dengan buah seri itu sendiri. Berikut beberapa manfaat dari daun buah seri, diantaranya adalah:

1. Sebagai antiseptic

Daun buah seri ternyata memiliki manfaat sebagai antiseptic yang mampu membunuh mikroba karena kandungan seperti flavonoid, tanin dan juga saponin. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum air rebusan dari daun buah seri.

2. Sebagai anti inflamasi

Jika Anda demam atau sedang mengalami peradangan, Anda bisa meminum rebusan dari daun buah seri karena mampu menurunkan demam dan juga anti peradangan.

3. Mampu melindungi jantung

Manfaat besar lainnya dari daun seri adalah khasiatnya yang mampu melindungi jantung. Ekstrak dari daun buah seri ternyata dapat melindungi miokardium yang nantinya berdampak pada penurunan dalam pembatasan dari kebocoran enzim miokardium.
Ternyata manfaat buah seri ini tidak sekecil dari penampakan buahnya, ia memiliki manfaat yang jauh lebih besar untuk kesehatan tubuh kita. Jadi jika Anda memiliki buah seri di rumah, ada baiknya untuk sering-sering memakannya untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar